pemakaman hebat.

yah, akhir tahun 2009 dirayakan Indonesia dengan hati kelabu, tahun 2009 ditutup dengan berita kepergian K.H Abdurrahman Wahid, seorang kyai besar dari Jombang, pentolan Nahdlatul Ulama, dan Presiden Ke-4 RI.

apa mau dikata, ini seperti sebuah vonis dari suatu hal yang telah direncanakan sebelumnya. Allah pengen dia kembali, maka terjadilah.

pemakamannya disiarkan live oleh stasiun TV nasional pada hari ini, kamis, 31 desember 2009. satu lagi, sebuah prosesi pemakaman hebat disaksikan oleh seantero negeri, setelah pada tahun sebelumnya bangsa ini juga kehilangan H.M Soeharto.

benar saja, prosesi pemakaman Gus Dur di Jombang dihadiri jutaan santri dari seluruh pelosok negeri, tidak hanya santri, para pemuka agama pun datang memberikan penghormatan kepada “Bapak Pluralisme” ini.

sebenernya, yg pengen gue bahas disini adalah tentang beberapa prosesi pemakaman tokoh-tokoh dunia terhebat yang pernah gue liat di TV.

.

1. Yasser Arafat


Yasser Arafat, 24 Agustus 1929- 11 November 2004, pemimpin Organisasi Pembebasan Palestina (PLO).

wafat di Rumah Sakit Militer Percy yang terletak di Clamart, Perancis. lalu diterbangkan ke Cairo untuk diadakan upacara penghormatan terakhir.

wasiatnya menginginkan ia dimakamkan di kompleks masjid Al-Aqsa, namun permintaan itu ditolak Israel dengan alasan keamanan, maka ia dimakamkan di markas besarnya di Ramallah, Tepi Barat, Palestina.

Prosesi pemakaman ini sangat sederhana namun gegap gempita dengan suara takbir “Allahu akbar” dan juga tembakan senapan dan senjata api lainnya ke udara oleh rakyat dan para tentara PLO yang menyambut peti jenazahnya dari Helikopter. Seluruh rakyat yang berjejal di lapangan Ramallah berlomba-lomba memegang dan menepuk-nepuk peti Arafat.

Peti jenazahnya pun di bawa bergantian dari tangan ke tangan diatas lautan rakyat Palestina.

.

2. Paus Paulus Johannes II


Paus Johannes Paulus II, 18 May 1920-2 April 2005 (aged 84), Vatican City.

Pada tanggal 31 maret 2005, Paus Johannes Paulus II menderita komplikasi penyakit Flu dan tekanan darah rendah, ia tidak dibawa ke rumah sakit dan hanya dirawat oleh dokter pribadi.

wafat pada tanggal 2 April 2005 di Apolostic Palace, Vatikan.

Pemakaman Paus Yohanes Paulus II menjadi pelayatan terbesar dalam sejarah masa Kristen sejak Perang Salib, menarik kunjungan lebih dari 4 juta pengunjung ke Vatikan ditambah dengan lebih dari 3,7 juta penduduk yang menetap di Roma. Hanya 2 juta orang yang diizinkan untuk melihat jenazah Yohanes Paulus II.

yang paling mengharukan adalah saat peti hendak dibawa ke ruang pemakaman paus, peti diangkat oleh petugas Gereja, dan di berdirikan 30 derajat menghadap para pelayat di lapangan Basilika Santo Petrus, dan disambut dengan riuh tepukan tangan para pelayat.

.

3. Michael Jackson

Michael Joseph Jackson, 29 Agustus 1958-25 Juni 2009, California.

Michael Jackson meninggal dunia di rumahnya di Los Angeles pada hari Kamis, 25 Juni 2009, Pukul 14:26 Waktu setempat. Ia tidak sadarkan diri setelah mengalami gagal jantung (cardiac arrest). Ia diduga mengalami gagal jantung sesaat setelah diberi suntikan demerol.

Kematiannya nyaris membawa dunia internet pada kematian pula, banyak situs-situs seperti Twitter, Wikipedia, Google dll yang kewalahan atas update berita tentangnya.

Upacara kematiannya sangat megah, dihelat di Staples Center, Los Angeles pada tanggal 7 Juli 2009, dan dimeriahkan oleh artis-artis sahabat Michael seperti Usher, Mariah Carey, John Mayer dll.

Prosesi pemakamannya dihelat di Forest Lawn Glendale Memorial Park pada tanggal 3 September 2009 di sebuah tempat bernama Great Mausoleum dan dirahasiakan. Dia dimakamkan bersama tokoh lainnya seperti Walt Disney, George Burns, Gracie Allen dan Nat King Cole.

.

4. Diana, Princess of Wales

Diana, Princess of Wales, 1 July 1961-31 August 1997 (aged 36), Pitié-Salpêtrière Hospital, Paris, France

waktu gue nonton pemakamannya di TV, gue masih SD, kelas 4 mungkin. sumpah, ini happening banget. seluruh stasiun TV nasional menyiarkan live acara ini, seolah-olah Diana itu milik  bangsa Indonesia, hahaha.

meninggalnya karena kecelakaan mobil, Mercedes S280 yang ia tumpangi sama pacarnya Dodi Al-Fayed, kecelakaan menabrak tembok terowongan Pont d l’Alma, Paris. Diduga sang supir yang sedang mabuk menyetir dalam kecepatan tinggi untuk menghindari paparazzi.

Pemakamannya dihelat tanggal 6 September 1997 di Westminster Abbey  dan disiarkan dan disaksikan 2.5 miliar orang di seluruh dunia.

.

5. Jend. Besar TNI Soeharto- K.H Abdurrahman Wahid


hmm ya. dua orang ini gue gabung di no.5, karena sama-sama megah, sama-sama penuh sesak pelayat, hanya berbeda konsep.

-Soeharto (Jend Besar TNI purn.), 8 Juni 1921-27 Januari 2008

oke, mungkin ini adalah prosesi pemakaman termegah yang pernah negara selenggarakan, bayangkan sejak wafat di RSPP hingga kediaman di Jl. Cendana, rakyat tumpah ruah ke jalan ingin memberikan penghormatan terakhir pada Presiden RI ke-II ini.

acara berlangsung sangat rapi, mengingat latar belakang almarhum yang seorang Jend.Besar TNI. mungkin acara pemakamannya adalah acara pemakaman terbesar yang pernah diselenggarakan TNI pula.

Soeharto dimakamkan di kompleks pemakaman Astana Giribangun, Solo, Jawa Tengah.

lihat saja, waktu jenazah dikebumikan, yang mengangkat bendera merah putih bukan orang sembarangan, di keempat sudut bendera dipegang oleh Kapolri, KASAD (Panglima TNI), KASAU, dan KASAL. luar biasa bukan? ke-empat Jenderal bertindak sebagai pemegang bendera.

upacara pemakaman sendiri dipimpin oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dan dihadiri oleh seluruh menteri kabinet.

.

-K.H Abdurrahman Wahid, 7 September 1940-30 Desember 2009

Gus Dur wafat pada saat rakyat Indonesia bersiap menyambut tahun baru. ia wafat akibat komplikasi penyakit di RSCM.

prosesi pemakaman nya sederhana namun luar biasa, memang dia hanya 21 bulan menjabat sebagai Presiden RI, sehingga prosesi pemakaman secara kenegaraan hanyalah sekedar “bonus” saja. yang patut disoroti adalah jutaan santri dari Jawa Timur dan propinsi lainnya turut hadir melepas kepergian Gus Dur baik di Jakarta maupun Jombang.

Para santri tersebut datang atas inisiatif diri sendiri, tanpa komando. disini terlihat bahwa Gus Dur dihormati bukan karena ia mantan Presiden semata, namun karena sepak terjangnya di dunia agama dan politik sebagai pemimpin Nahdlatul Ulama selama 15 tahun (1984-1999) dan juga tokoh Partai Kebangkitan Bangsa.

hebatnya lagi, para pemuka agama lain seperti Buddha, Hindu, Kristen dan Katolik juga datang melepas kepergian Gus Dur.

beliau dimakamkan 31 Desember 2009 di kompleks pemakaman keluarga di Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur.

prosesi ini dipimpin oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

3 pemikiran pada “pemakaman hebat.

  1. Satu lg to, pemakaman yg besar dan cukup menyita perhatian. Pemakamannya ibu tien soeharto..
    Gue inget waktu msh sd gue hafal lagu gugur bunga bukan karena niat ngafalin dr buku “101 lagu nasional” tp gr2 lagu itu diputer brkali2 selama hampir sminggu penuh hehe..

  2. Hmmmmmmmm…,Posting yang Bagusssssssss!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s